Rabu, 28 Juli 2010

Ramalan Nostradamus

Nostradamus (1503-1566)..............
Kisah hidupnya memang sangat sedikit yang kita ketahui, tetapi karyanya tidak habis-habisnya dieksplorasi hingga kini; dan masa selanjutnya;

CIQ48
When twenty years of the Moon's reign have passed,
another will take up his reign for seven thousand years.
When the exhausted Sun takes up his cycle,
then my prophecy and threats will be accomplished.
Saat duapuluh tahun masa kekuasaan bulan berlalu,
Pihak lain mengambil alih kekuasaannya selama tujuh ribu tahun.
Ketika matahari kehabisan daya untuk putarannya,
Kemudian ramalanku dan ancaman-ancamannya akan disempurnakan

Tafsir
Diperlukan kurang lebih waktu duapuluh tahun dalam pembuatan ‘Century’ ini, dan dia mengingatkan bahwa masa berlakunya ramalan selama 7000 tahun dan/atau ketika masa 7000 tahun dan/atau semua ramalannya terwujud maka saat itu juga matahari hilang kekuatannya dan kiamat di bumi sudah dekat.

Tujuh ribu tahun berlaku sejak ramalan pertamanya terpenuhi yakni tahun 1557. Beberapa tahun sebelumnya Nostradamus sudah mencoba untuk mengingatkan Raja Henri II tentang kematiannya, tetapi tidak dipedulikan. Pada pertandingan tombak diatas kuda, Comte de Montegomery berhasil menusuknya, diluar dugaan tombak patah dan serpihannya menusuk leher dan mata Raja hingga sepuluh hari kemudian meninggal.

‘Century’ berlaku hingga (kurang-lebih) tahun 8557, apakah pada saat tersebut matahari kehilangan energinya, masih harus didukung dengan kajian-kajian ilmiah. Dalam quatrain tersebut Nostradamus tidak mengatakan dunia mengalami kiamat, tapi sudah tentu jika matahari tidak berfungsi maka terjadi bencana besar bagi umat manusia, kecuali pada saat tersebut manusia menemukan teknologi untuk dapat hidup tanpa energi matahari.

Media
‘Clairvoyance’ adalah kemampuan menangkap gambaran masa depan, ‘Clairaudience’ adalah kemampuan menangkap suara dari masa depan. Diyakini Nostradamus mempunyai dua kemampuan tersebut, bakat ini diwarisi secara turun temurun dari keluarganya, tetapi hanya Nostradamus yang dapat mengembangkan secara maksimal dengan suatu metode yang hanya dia ketahui sendiri. Alat yang dia gunakan seperti yang ada di catatan adalah media berupa mangkuk yang diletakan di tripod yang semuanya terbuat dari logam kuningan. Mangkuk tersebut diisi air, untuk mendapatkan dan mengganti ‘visi’ yang ia peroleh dia memerciki dengan air, dan setelah air tenang barulah ‘visi’ tersebut muncul. Disebut bahwa ia juga menggunakan semacam tongkat penyokong mangkuk berkaki tiga (tripod) untuk melengkapi alat penampil ‘visi’ tersebut.

Visi
Mangkuk penampil ‘visi’ bekerja seperti televisi;
hanya melihat visi dengan frame terbatas (ibarat layar televisi)
sinyal yang sering tertangkap jelas adalah yang terdekat
ini menjelaskan teori bahwa ‘Century’ 50% terdiri dari ramalan yang terjadi di wilayah Prancis dan sekitarnya, ibarat acara televisi, film utamanya adalah Prancis (Eropa) sementara kejadian dibelahan dunia lainnya adalah potongan iklan atau berita sekilas info. Kadang Nostradamus dapat menggambarkan secara detail suatu obyek tanpa tahu lebih jelas maknanya, contoh;’ manusia setengah babi’ adalah pilot dengan helm masker (pada Perang Dunia), ‘gunung/menara berongga’ adalah gedung pencakar langit, dsb. Sinyal yang kacau menjelaskan kenapa quatrain tidak ditulis secara berurutan baik waktu kejadian maupun obyek cerita, bahkan dibeberapa quatrain ‘terselip’ visi yang sudah terjadi sebelum masa hidup Nostradamus, tanpa dia menyadarinya. Khusus mengenai kejadian diluar Prancis (Eropa) , hal-hal yang tertangkap visinya merupakan kejadian luar biasa seperti bencana skala global dan kisah Raja/Presiden/tokoh dunia yang mana dipublikasikan secara luar biasa (dimasa modern) seperti; Napoleon, Hitler, Louis Pasteur, Lady Di, JF Kennedy, dsb.

Waktu
Nostradamus seperti para pemikir lainnya pada masa itu, terbiasa dengan penanggalan sistem bintang, oleh karena itu untuk lebih memahami ‘Century’ adalah lebih baik jika sedikit banyak mengetahui ilmu astronomi dan astrologi. Astronomi dalam hal menyangkut sistem tatasurya, rasi bintang dan komet dan Astrologi pada aspek simbolisme psikologi. Contoh; komet Halley sering disebut di ‘Century’ sebagai penanda waktu terjadinya peristiwa dibumi, dan ‘dipercaya’ bahwa komet adalah lambang dari terjadinya perang besar dibumi.

Bahasa
Bahasa Perancis dalam beberapa hal mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi daripada bahasa lainnya, terutama menyangkut makna suatu ungkapan. Beberapa kata dalam terjemahan ini masih memakai bahasa Perancis, karena belum ditemukan penafsiran yang tepat dan untuk menghindarkan dari kesalahan jika diterjemahkan.

QUATRAIN
Quatrain dalam hal ini perlu kita sikapi secara hati-hati menyangkut penafsiran ramalannya, sebagai petunjuk quatrain dibagi menjadi beberapa kategori;

Quatrain yang terjadi dari pada masa hidup Nostradamus
Quatrain ini sudah terbukti kesahihannya dalam menggambarkan ramalan dan ini yang membuat Nostradamus dikenal publik.

Quatrain yang terjadi dari masa Nostradamus hingga sekarang dibagi dua kriteria;
Ramalan sesuai kenyataan
Maksudnya adalah , beberapa ahli tafsir sudah memperkirakan peristiwa tersebut dan terbukti dengan benar.
Kenyataan sesuai ramalan
Maksudnya adalah setelah peristiwa tersebut terjadi baru para penafsir mengkaitkan dengan quatrain dan membenarkan makna ramalan tersebut.

Quatrain yang belum terjadi
Quatrain ini menurut mayoritas penafsir, baik dari segi makna maupun waktu kejadiannya, belum pernah terjadi disejarah dari masa Nostradamus sampai masa sekarang, kita masih menunggu apakah ramalan ini akan terjadi.

Quatrain yang belum jelas interpretasinya, mempunyai beberapa pemahaman; yakni belum ada yang mampu menafsirkan, sudah terjadi tapi tak ada catatan disejarah, dan belum pernah terjadi.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan;

Suatu kondisi dimana satu Quatrain mempunyai beberapa penafsiran bahkan cocok dengan beberapa peristiwa yang terjadi dibeberapa tempat di dunia.
Keraguan bahwa suatu quatrain hanya mirip peristiwa yang pernah terjadi sehingga kita beranggapan bahwa quatrain tersebut sebetulnya untuk masa yang akan datang.

Jadi, para pembaca sebaiknya jangan terlalu yakin bahwa peristiwa itu telah terjadi, siapa tahu anda mempunyai penafsiran tersendiri dan anda terbukti benar?
penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar